Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menyelesaikan tugas UTS yang terakhir yang saya posting sesuai dengan kemampuan saya yang masih jauh dari kata sempurna.
Tugas kali ini saya akan menjabarkan tahapan yang dapat dikerjakan oleh seorang HRD: Payroll di Odoo. Berikut tahapannya:
1. Akses server Odoo yang diberikan Pak Agung pada Slack
2. Restore database PT. Bank Zamrud Indonesia tahun lalu. kemudian isi master password, pilih file yang akan di restore, nama database baru yang akan digunakan, lalu pilih backup restore sebagai modenya (Pada tahan ini saya lupa untuk print screen).
3. Agar dapat mengerjakan modul Human Resource: Payroll, instal terlebih dahulu modul employee dan modul payroll pada setting. lalu pilih local modules, dan cari modul employee dan modul payroll.
4. Jika sudah di instal. langkah selanjutnya seorang HR:Payroll adalah Create employee yang terdapet pada sub menu employee dan mengisi beberapa nama employee dengan nama anggota kelompok 10.
5. Langkahn selanjutnya adalah membuat kontrak kerja pegawai, caranyaa adalah pilih sub menu Contracts
Kontrak kerja adalah salah satu dokumen yang penting yang diperlukan, karena terdapat informasi jabatan, wage,struktur gaji serta lama durasi masa percobaan karyawan. karena 1 hari 8 jam kerja dan 1 minggu 5= hari kerja maka working schedule diisi dengan keterangan 40jam/minggu.
6. Selanjutnya Create salary rules. Segala tunjangan dan potongan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Klik sub menu Payroll, lalu pilih salary rules.
7. Langkah selanjutnya membuat struktur gaji. Pilih sub menu payroll lalu ketik Salary Structure.
8. Maka sekarang sudah dapat membuat slip gaji dengan cara memilih Employee Payslip pada sub menu Payroll
No comments:
Post a Comment